Sunday, July 7, 2013

.NET Framework 3.5 di Windows 8

ketika anda hendak menginstall aplikasi namun aplikasi tersebut membutuhkan .NET Framework terbaru pada sistem anda, sehingga instalasi pun tidak dapat dilakukan. contohnya saja ketika saya mau menginstall Corel Draw X6 di Windows 8. lantas aplikasi tersebut mengarahkan komputer kita untuk mendownload .NET nya dari microsoft dan memang itu membutuhkan waktu yang lumayan lama, apalagi saya hanya menggunakan tathering hotspot dari handphon android saya. lebih-lebih yang tidak punya koneksi di rumahnya.

Lantas .NET Frame Work itu sebenarnya apa?
framework sendiri adalah teknologi inti yang menyediakan bebagai library untuk digunakan oleh palikasi di atasnya.
.NET Framework adalah lingkungan untuk membangun, deploying menyebarkan serta menjalankan services web dan aplikasi lainnya dimana .NET Framework disusun oleh dua komponen utama, yaitu Common Language Runtime dan .NET Framework Class Library.

Jadi secara sederhana .NET Framework merupakan komponen Windows yang terintegrasi yang dibuat dengan tujuan untuk mensupport pengembangan berbagai macam jenis aplikasi serta dapat dijalankan berbagai macam aplikasi generasi mendatang termasuk pengembangan aplikasi Web Services XML.

Kembali ke pokok bahasan. untuk dapat menginstall aplikasi yang memerlukan .NET Framework berarti harus menginstal .NET Framework terlebih dahulu di komputernya, namun bagai mana dengan yang tidak memilik akses internet, nah kurang lebih begini caranya:
  1. Pada DVD installer windows 8 terdapat folder sxs dimana folder tersebut terdapat pada folder sources atau dengan kata lain di direktory sources/sxs
  2. Buatlah Folder di drive C:/ dengan nama dotnet35 dan sebelum membuat folder pastikan hidden file nya di show dulu
  3. Kopi kan isi dari folder sxs ke folder dotnet35
  4. tekan tombol Windows + Q 
  5. ketikan cmd => klik kanan => advance => Run as Administrator



Terakhir ketikan:
Terakhir ketik ini pada cmd "Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:c:\dotnet35 /LimitAccess" tanpa tanda kutip.

SELESAI !!



0 comments:

Post a Comment