Wednesday, July 31, 2013

Hati-hati, Bahaya Tidur Setelah Sahur !!

Terkadang kebanyakan dari kita saat makan sahur selesai langsung tidur lagi, karena memang enaknya udah makan itu tidur, apalagi masih ngantuk ditambah suasana yang dingin bikin pengen kita narik selimut dan tidur lagi. :D





Namun kita perlu tahu, bahwa tidur setelah makan itu sangat tidak dianjurkan untuk kesehatan karena dampak buruknya yang begitu banyak antara lain perut akan menjadi buncit karena tubuh kita menjadi hemat energi saat tidur dan secara otomatis lemak akan banyak tertimbun di perut kita :(

Dengan melakukan tidur setelah makan resiko stroke pun akan meningkat,  bahkan berdasarkan penelitian pun orang yang memilik jeda yang lama antar makan dan tidur memiliki resiko stroke yang paling rendah dibandingkan dengan orang yang sudah makan langsung tidur.

seprti yang dikutip dari ruanghati.com, Makanan yang belum dicarena akan mengalami refluks yaitu berbaliknya makanan dari lambung ke tenggorokan karena gravitas yang disebabkan posisi kita tidur. sehingga proses pengosongan lambung akan terhambat yang mengakibatkan gangguan-gangguan pada pencernaan seperti sembelit atau mencret tergantung makanan apa yang kita makan.
Jika kita ingin tidur lagi setelah makan sahur akan lebih baik jika kita minimalnya menunggu jeda 2 jam baru tidur lagi.

Bahkan Rasulluloh pun menganjurkan untuk makan sahur di akhir mendekati imsak, agar kita dapat langsung melakukan aktifitas seperti sholat subuh, dzikir dan langsung bekerja di pagi harinya. Maka tidak heran orang-orang di zaman Rasulluloh jarang yang sakit karena kehidupannya diatur dengan baik, yang salahsatunya makan sebelum lapar, berhenti sebelum kenyang dan tidak tidur setelah sahur.

Rasululloh Bersabda "Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan shalat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras." (HR Abu Nu’aim dari Aisyah r.a.).

Nah sekarang sudah tahu bahanya tidur sebelum sahur, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.. :)



0 comments:

Post a Comment