Tuesday, July 30, 2013

Cara Kirim SMS via Email (Gmail)

Gmail atau Google Mail merupakan surat elektronik besutan google yang sangat kaya akan fitur, dan salah satu fiturnya dapat mengirim sms secara gratis melalui email.
Selain untuk melakukan kirim dan terima email, di Gmail  kita dapat chatting dan mengirim sms ke nomer telepon seluller secara gratis ke berbagai operator di berbagai negara yang telah bekerjasama dengan google, untuk di indonesia sendiri antara lain tri, indosat, telkomsel.

Sehingga dengan fitur ini kita dapat berkomunikasi melalu pesan singkat ke teman, kerabat melalui komputer tanpa harus memikirkan mengisi pulsa handphone :D
Bagaimana menikmati fitur ini, mari perhatikan salah satu langkah di bawah ini:
  • silahkan login ke akun gmail anda
  • setelah login, pada bagian kiri umumnya, ada menu obrolan klik sampai muncul tampilan seperti di bawah ini

    Pada bagian ini, silahkan ketik pada kolom "telusuri, ngobrol, atau SMS" ketikan nama penerima atau orang yang akan kita sms, bisa juga memasukan email penerima tersebut, dan pilih SMS seperti pada gambar di atas.

  • langkah berikutnya adalah memasukan nomer tujuan
  • Pada bagian ini silahkan masukan nomer tujuan yang akan dikirimi sms, ketikan anda masukan nomer telp gmail akan secara ototmatis memberikan kode negara sesuai dengan dimana kita tinggal.

  • akan muncul pada pojok kanan bawah tampilan seperti di bawah ini

  • Silahkan ketikan pesan anda pada kolom chatting ini, dan tekan Enter untuk merngirim pesan, maka sms akan dikirim oleh Gmail ke nomer telepon yang anda ketikan tadi

  • Tidak lama pesan akan segera sampai ke nomer tujuan tergantung dari sterngth sinyal nomer tujuan. Berikut adalah tampilan setelah saya mengetikan pesan ke nomer telp yang sudah tadi saya daftarkan.

  • Jika si penerima membalas pesan anda maka akan tampil pada kotak dialog chatting ini, layaknya kita sedang chatting, tapi yang perlu di perhatikan Gmail hanya membatasi sampai dengan 50 SMS, dan kita akan mendapatkan Kredit SMS (5 max 50) jika penerima pesan membalas pesan kita, namun jika kita kehabisan pun, tinggal tunggu saja 24 jam maka Kredit SMS akan kembali lagi menjadi 50. :)
    Selamat Mencoba ..



0 comments:

Post a Comment